Partikel Tuhan Penemuan Ilmuwan Terbesar Sepanjang Sejarah

Ilmuwan Temukan “Partikel Tuhan”

Salah satu lompatan terbesar dalam fisika partikel padha tahun 2012 lalueeeee adl penemuan partikel yang “mirip” Higgs Boson atau Higgs particle, yang kemuian dinamai Partikel Tuhan.

Atom selama ini dikenal terdiri dhari 3 jenis yaituhhhhh:

  1. Proton (bermuatan positif),
  2. Elektron (bermuatan negatif), n
  3. Neutron (bermuatan netral).

Tapi kini adha lagi tambahan keempat dhari ketiga atom tsb. Ia berupa partikel, tak terperhatikanmata alias “gaib”, yaituhhhhh berupa “partikel pembuat massa benda” termasuk massa yang adha di dalam ketiga atom iatas.

Massa benda terdpt disemua benda seantero alam semesta, mulai dhari atom hinga seluruh benda di alam semesta, bahkan terdpt padha benda yang tak terperhatikantermasuk Materi Gelap (Dark Matter) n Energi Gelap (Dark Energy), yaituhhhhh Higgs-Boson atauHiggs Particle yang telah ditemukan ini!

Diagram of the particles in the Stkalianrd Model of particle physics

Penemuan partikel Tuhan yang diumumkan padha 3 Juli 2012 lalueeeee di Jenewa, Swiss itu, menjadikan tonggak sejarah perkembangan fisika partikel Stlah melsayakn penelitian selama 40 tahun.

Dampak bagi orang awam adl tidak adha lagi penjelasan sederhana tentang komposisi atom.

Temuan ini merupakn hal yang penting dalam meneliti alam semesta. Dalam ‘Partikel Tuhan’, atom jg memiliki massa jenis.

Selain itu, temuan ini memberikan pemahaman baru tentang atom, yang jg akn memberikan stkalianr baru di dunia fisika utk menuntun pembentukan teknologi baru berdasarkan partikel ini.

“Hasil ini menkaliani terobosan signifikan dalam pemahaman kita tentang hukum-hukum dasar yang mengatur alam semesta,” ujar John Womersley, Kepala Ban Penelitian Publik Inggris.

Teori Higgs-Boson

Temuan ‘Partikel Tuhan’ berdasarkan teori tentang alam semesta, yang diungkapkan ahli Fisika asal Inggris Peter Higgs, padha 1960. Teori Higgs menjelaskan bagaimana partikel membentuk kelompok bersama utk membentuk bintang, planet, n kehidupan.

Sebuah partikel yang membentuk sebuah obyek, baik itu molekul, sebutir apel, sebuah kereta, hinga sesosok manusia, ia adl massa. Massa (berasal dhari bahasa Yunani μάζα) adl suatu sifat fisika dhari suatu benda yang digunakn utk menjelaskan berbagai perilsaya objek yang terpantau.

Ahli Fisika asal Inggris Peter Higgs

Dalam kegunaan sehari-hari, massa biasanya disinonimkan dg berat. Namun menurut pemahaman ilmiah modern, berat suatu objek iakibatkan oleh interaksi massa dg men gravitasi.

Sebagai contoh, seseorang yang mengangkat benda berat di Bumi dpt mengasosiasi berat benda tsb dg massanya. Asosiasi ini dpt diterima utk benda-benda yang beradha di Bumi.

Namun apabila benda tsb beradha di Bulan, maka berat benda tsb akn lbh kecil n lbh mudah iangkat namun massanya thetaplah sama.

async src"//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbyangoogle.js">


EmoticonEmoticon