Bagaimana Cara Fokus? 3 Cara Fokus Yang Melesatkan Produktivitas Anda

Anda Akan Fokus Jika Tahu Cara Fokus

bagaimana cara fokus

Saya yakin, banyak orang yang sudah sadhar dg pentingnya fokus dalam hidup, bekerja, dan bisnis.
Mengapa harus fokus, sebab hanya dg fokus kita bsa mengoptimalkan sumber daya kita. Jika Anda ingin hasil yang maksimal, maka fokuslah. Semakin fokus akn semakin optimal hasil kerja Anda. Dalam bidang apa pun, baik dalam bekerja, bisnis, atau bahkan dalam dakwah.

Namun ternyata, dalam pelaksanaanya masih banyak yang bingung atau belum bsa untuk fokus dalam suatu hal. Penyebabnya ialah banyak artikel yang menyarankan kita fokus, thetapi tidak memberitahu bagaimana caranya fokus.

Ayo fokus, ayo fokus, tapi bagaimana caranya?

Sekarang, saya akn jelaskan langkah demi langkah untuk mencapai kondisi fokus baik dalam kehidupan, bisnis, maupun dalam bekerja. Artinya tidak hanya menyuruh atau menganjurkan fokus, thetapi memberitahu bagaimana cara fokus dg langkah nyata.

Cara Fokus Pertama: Identifikasi

Analoginya seperti seorang penembak jitu. Dia hanya bsa fokus mengarahkan senjatanya jika ia sudah mengetahui target yang akn ditembah. Maknanya adhalah Anda akn bsa fokus jika sudah jelas apa yang akn difokus. Sederhanya, Anda mau fokus apa?

Pertanyaan sederhana, “Anda mau fokus apa?” justru langkah awal yang sangat penting. Bagaimana akn fokus jika Anda belum jelas mau fokus apa. Saya banyak menemukan, seseorang yang tidak bsa fokus sebab ia tidak mengetahui mau fokus apa.

Yuk, kita temukan Anda mau fokus apa.

Langkah 1 ialah identifikasikan hal-hal apa saja yang rasanya harus dilsayakan. Tuliskan saja apa-apa yang Anda rasakn harus dilsayakan. Fokus dulu ke perasaan Anda. Karena perasaanlah yang merasa terbebani. Tuliskan saja.

Langkah kedua ialah sama halnya dg langkah 1, thetapi Anda mulai menggunakn pikiran dan arsip. Jadi tidak hanya mengkamulkan perasaan saja. Sekarang tanyakn, apa saja yang harus saya lsayakan. Periksa arsip Anda, memo, email, surat, atau catatan ide adha termasuk apa yang Anda ingat.

Lsayakan langkah 1 dan kedua ini sampai habis. Semua hal yang harus dilsayakan sudah pindah ke dalam kertas. Kedua langkah ini akn mengurangi beban pikiran Anda, sebab semuanya sudah pindah ke dalam kertas. Ribet? Tidak, memang inilah cara fokus.

Saya tahu, akn adha orang yang mengatakn, “ah ribet”. Akhirnya ia terus melsayakan pekerjaannya dg cara yang sama dan hasilnya akn sama terus. Untuk melsayakan pekerjaan identifikasi ini memang tidak mudah dan memerlukan waktu. Mengapa? Sebab selama ini pekerjaan Anda berantakn.

Jika selama ini pekerjaan Anda sudah teratur, tidak akn sulit untuk melsayakan ini. Jadikan ini sebagai momen perbaikan diri, terutama perbaikan cara kerja yang lebih teratur.

Cara Fokus Kedua: Keputusan

stlah identifikasi Anda akn memahami apa yang Anda lsayakan selama ini. stlah memahami, maka akn lebih mudah untuk mengambil keputusan.

Langkah ketiga adhalah mengambil keputusan. Bacalah semua hal yang harus Anda lsayakan tadi. Putuskan:

  • Mana yang harus Anda lsayakan sekarang juga. Biasanya pekerjaan yang sebentar yaitu kurang dari dua menit.
  • Mana pekerjaan yang harus dilsayakan segera. Penting tapi waktunya cukup lama.
  • Mana pekerjaan yang ditunda atau dijadwalkan.
  • Mana pekerjaan yang bsa Anda hapus atau dibatalkan. Usahakn Anda membatalkan pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Tkamui juga hal-hal yang ternyata bukan pekerjaan atau tugas. Biasanya hanya sebagai referensi.

Saat memeriksa dan mengambil keputusan, selalu bertanya, apakah pekerjaan ini memberikan dampak yang besar bagi saya? Mana yang paling memberikan manfaat? Apa jadinya jika pekerjaan ini dibatalkan? Kapan waktu yang tepat mengerjaknnya.

Jangan khawatir jika Anda bingung dalam mengambil keputusan. Saat bingung, berhentilah dulu. Kemuian tenangkan diri Anda, bsa dg shalat dulu, membaca al Quran, dzikir, bermain dg keluarga, dan hal-hal lain yang membuat Anda rileks. Biarkan pikiran bawah sadhar Anda yang bekerja. stlah itu coba lihat lagi daftar pekerjaan Anda. Analisa kembali sampai Anda mampu memutuskan.

Mungkin masih bingung. Jika bingung, gunakn feeling. Jika Anda sudah memiliki visi dan visi itu menjadi bagian hidup Anda, maka feeling Anda akn mengarahkan hidup Anda ke arah yang sesuai dg visi Anda. Jika ragu terhadhap suatu pekerjaan, masukan saja ke dalam kategori “ditunda”. Percayalah inilah cara fokus padha pekerjaan-pekerjaan yang penting.

Keputusan adhalah langkah terpenting. Anda HARUS mengambil keputusan, jika tidak Anda tidak akn pernah fokus. Jangan tsayat salah. Lebih baik ambil keputusan kemuian salah, daripadha tidak pernah salah tapi tidak pernah mengambil keputusan.

Cara Fokus Ketiga: Klasifikasi

Pisah-pisahkan pekerjaan yang harus dilsayakan sekarang, segera, terjadwal, ditunda. Fokuslah padha pekerjaan sekarang. Ambil tindakn cepat untuk menyelesaikannya. Lupakn pekerjaan lain. Anda tidak perlu khawatir dg pekerjaan lain sebab sudah Anda simpan padha sebuah sistem “di luar” kepala Anda.

Inilah inti cara fokus, Anda hanya perlu memikirkan yang memang perlu dipikirkan.

Review kembali daftar ini setidaknya seminggu sekali karena pasti banyak mengalami perubahan. Ambil lagi keputusan, mana yang akn menjadi fokus. Lsayakan terus menerus. Cara fokus ini ampuh!

Cara ini saja, Anda sudah bsa lebih produktif. Anda akn mendptkan penjelasan lebih detil tentang cara ini dan juga cara-cara lainnya yang akn melejitkan produktivitas sekaligus penghasilan Anda di Revolusi Waktu.


EmoticonEmoticon