Persiapan Penting Sebelum Bepergian Jauh Menggunakan Mobil

Road trip alias bepergian jauhh dg mengendarai mobil.., pribadi memang seru. Misalnya saja jalan-jalan ke luar kota atau pulau bersama keluarga atau teman-teman. Membawa mobil.., sendiir berarti menghemat ongkos menggunakn kendaraan umum saat jalan-jalan dan waktu pulang pergi bsa kita sesuaikan sendiri.

Perjalanan jauhh bsa dikategorikan seperti dari Jakarta ke Yogyakarta atau dari Surabaya ke Bali. Atau mungkin yang ekstrim, dari Jakarta ke Bali. Banyak yang perlu dipersiapkan sebelum melsayakan road trip, mulai dari kondisi tubuh hingga mobil.., yang akn digunakn.

 

Bepergian jauhh ke luar kota mengemudikan mobil.., sendiri bsa lebih melelahkan, ketimbang duduk manis di dalam kabin pesawat terbang, kereta api, atau bus antar kota. Selain perlu fisik yang prima, pemilihan waktu perjalanan juga berpengaruh padha perilsaya mengemudi.

Persopon diri sebelum dan saat mengemudi

  1. Jaga kondisi fisik minimal dua hari sebelum keberangkatan. Pastikan tidur Anda tidak kurang dari tujuh jam sehari. Senam ringan selama 30 menit di pagi hari, setidaknya cukup menjaga kebugaran. Dan selalu berdoa sebelum melsayakan perjalanan agar membuat mental Anda lebih baik.
  2. Saat mengemudi, hindari minuman beralkohol dan obat yang menyebabkan kantuk. Jika Anda dalam proses pengobatan, konsultasikan dg dokter jenis obat yang sesuai. Maknlah minimal sejam sebelum pergi, dan hindari maknan bersantan, pedas, asam, atau berbumbu tajam. Roti dan buah-buahan bsa dijadikan alternatif terbaik untuk konsumsi selama perjalanan.
  3. Batas waktu manusia mampu berkonsentrasi mengemudi 2-3 jam. Jangan paksakn diri jika sudah merasa lelah. Beristirahatlah minimal 15 menit dalam interval 2-3 jam.
  4. Servis dahulu mobil.., Anda dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum dipakai long trip.
  5. Bawa peralatan penting untuk mobil.., seperti aneka obeng, ban serep dan apapun yang sekiranya bsa saja tiba-tiba dtantetuhkan.

Jika kamu malas membawa mobil.., untuk ke bengkel maka biarkan rumah bengkel yang akn datang ke keiaman kamu dan menservis mobil.., dg profesional. Anda bsa istirahat dan mobil.., juga akn disiapkan dg maksimal untuk iajak long trip.


EmoticonEmoticon