Tips Mengendarai Matic Untuk Pemula

Ketika seorang konsumen baru membeli mobil.., transmisi otomatis, mungkin muncul berbagai pertanyaan. Salah satunya apakah ia sudah terbiasa dg mobil.., transmisi otomatis? Atau juga belum paham penggunaan bahan bakar yang ianjuran.

Untuk pemilihan bahan bakar kendaraan harus menjadi perhitungan penting bagi pemilik kendaraan. Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld misalnya, menganjurkan pengguna Toyota Yaris memakai bahan bakar 1x.

Pasalnya, seperti padha mobil.., keluaran tahun terbaru seperti Toyota Yaris telah menggunakn perangkat emisi tambahan (catalitic conventer). Maka dari itu disarankan menggunakn bahan bakar tanpa timbal dan beroktan di atas 91. Dimana jenis tersebut hanya diperoleh dg menggunakn BBM 1x atau 1x plus karena dpt mempengaruhi kinerja mesin.

Selanjutnya pemahaman mengemudi dg menggunakn mobil.., sistem transmisi otomatis. Bagi yang 1 kali menggunakn mobil.., jenis transmisi ini memang perlu sedikit adhaptasi. Beberapa pemahaman yang harus dilsayakan adhalah:

Pertama yang harus dipahami bagi pemula saat menggunakn mobil.., matic adhalah posisi dan urutan padha tuas transmisi. Sebab hal ini harus Anda pahami hingga di luar pikiran, sehingga tidak adha salah pengoperasian saat mau menjadi mundur dan sebaliknya.

Kedua, haru mulai membiasakn kaki kiri bebas tugas dari kebiasaan menekan pedal kopling. Sebab padha mobil.., transmisi otomatis hanya adha pedal gas dan pedal rem. Jika kaki kiri thetap ikut andil risiko yang bakal dihadhapi adhalah secara spontan kaki kiri menginjak pedal rem saat rpm mobil.., naik dan serasa ingin pindah gigi transmisi.

Hal ini biasa terjadi padha beberapa orang. Sebab dalam memori pikiran kita masih terbiasa dg penggunaan jenis transmisi manual. Untuk itu jangan biarkan kaki kiri beradha di jalur pedal rem.

Ketiga, Anda harus membiasakn menginjak pedal rem terlebih dahulu saat ingin memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘D’. Hal ini bertujuan menghindari mobil.., melaju dg sendirinya.

Keempat, padha saat jalanan macet atau berhenti di lampu lalu lintas selama kurang lebih 10 sampai 20 detik, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral. Hal ini juga layaknya dilsayakan padha mobil.., bertransmisi manual juga bukan. Dan saat ingin melaju lagi, ikuti tahap ke-2.

Kelima, apabila Anda beradha di daerah penuh dg tanjakn maka pentingnya tuas transmisi dipindah padha pilihan L atau 2. Dimana L (Low) yang beradha paling bawah sama halnya gigi 1 dan 2 adhalah gigi ke-2.
Selamat mencoba dan berhat-hati saat berkendara.


EmoticonEmoticon