Ban Mobil Pecah? Anda Bisa Ganti Sendiri Tanpa Perlu Ke Bengkel

Bagi pengendara yang tahu tentang otomotif sangat susah ketika ban mobil.., pecah dan harus diganti. Tak jarang dia panik untuk mencari bengkel terdekat. Bahkan adhapula dari dia yang akhirnya memanggil mobil.., derek dari padha bingung untuk mencari bengkel terdekat.

Namun, sebenernya kamu juga bsa mengganti mobil.., tersendiri tanpa perlu ke bengkel loh. Nah, bagaimana caranya? Pertama posisikan dirinya untuk thetap tenang dan jangan panik. Berikutnya, parkirkan mobil.., kamu ke sisi jalan atau cari tempat yang rata dan agak luas. Hal ini dilsayakan karena mengganti ban di jalanan itu sangat berbahaya apalagi jalanan dalam keadhaan ramai.

Selanjutnya, pastikan mobil.., kamu dalam keadhaan tidak bergerak. Jika kamu menggunakn mobil.., bertransmisi manual, tempatkan transmisi padha gigi 1 atau R (reverse) dan tarik rem tangannya. Sedangkan kamu menggunakn mobil.., bertransmisi otomatis, tempatkan padha posisi P (Parking). Jikapun mobil.., kamu beradha di tanjakn, tempatkan ganjalan seperti kayu atau batu di ban mobil.., kamu.

Langka kemuian keluarkan peralatan mengganti ban dan siapkan ban cadhangan untuk mengganti ban yang pecah. Tapi sebelum mengganti ban, jangan lupa menyalakn lampu hazard dan tempatkan segitiga pengaman beberapa meter di belakng mobil..,. Selanjutnya, buka penutup roda (apabila agak sulit coba congkel dg penutup dg obeng).

stlah terbuka, kendorkan baut-baut roda menggunakn kunci roda dg gerakn memutar arah jarum jam. Baut ini cukup dikendorkan dan tak perlu sampai terlepas dulu. Kemuian pasang dongkrak mobil.., padha cekungan kecil atau tkamu dibagian bawah mobil..,. Cekungan tersebut umumnya beradha sedikit di belakng roda depan dan di depan roda belakng.

ban meletus
ban meletus[image source]
stlah cekungan tersebut ditemukan, pastikan dongkrak dalam posisi tegak lurus dg tanah. Lalu naikan dongkrak tersebut hingga roda terangkat dan bsa dilepas. Ingat, posisi dongkrak harus tegak lurus dg tanah, Jika tak berhasil turunkan kembali dan perbaiki posisi dongkrak kamu.

stlah dongkrak dalam posisi sempurna, lepaskan kenduran baut roda sebelumnya. Tarik ban keluar secara perlahan dari dudukannya dan letakkan padha posisi tidur. Lalu, pasang ban cadhangan baru padha posisinya dan dorong hingga posisi ban sempurna. stlah ban pasangan terpasang rapi, pasang kembali baut dan putar searah jaruh jam. Tak perlu dikencangkan dulu karena ban akn ikut berputar.

Turunkan dongkrak kamu hingga roda menyentuh tanah dan kencangan semua baut dg pola bersilang. Nah, ban pecah kamu sudah terganti dg ban cadhangan yang kamu bawa. Jadi, tak perlu ke bengkel kan? Nah, kalaupun tak mau ribet dan ingin lebih muda, serahkan perawatan mobil.., kamu padha rumah bengkel karena mekanik kami yang akn datang ke tempat kamu. Jaminan mutu dan kepuasan pasti.


EmoticonEmoticon