Cara Memilih Ban yang Tepat

Siapa yang tidak setuju bahwa ban menjadi salah satu bagian terpenting ditubuh kendaraan, bahkan tidak sedikit pengendara mengakhiri hidupnya karena salah memilih ban.

Lalu bagaimana ya cara cermat dalam memilih ban? Ada beberapa tips sederhana dalam memilih ban untuk mobil.., kesayangan Anda.

“Di dinding ban itu sudah terdpt informasi yang lengkap terhadhap tipe ban tersebut. Sehingga setiap pengendara dg mudah mengetahui jenis ban tertentu. Dan tinggal disesuaikan dg yang diinginkan,” ujar menurut Technical Support Section Head Achilles Firdan Mulia di Wisma Achilles Kedoya Jakbar kepadha detikOto.

Nah mau tahu bagaimana tips sederhana memilih ban? Yuk kita simak yang satu ini:

  • Konstruksi ban. Sebelum Anda mengganti ban, adha baiknya terlebih dahulu memahami ban yang akn dipilih. Apakah Anda akn memilih ban Raial atau ban bias? Dimana yang membuat perbedaannya adha padha konstruksi didalam ban tersebut, Dimana setiap pabrikan memiliki dapur atau racikan yang berbeda.
  • Diameter pelek. Lihatlah terlebih dahulu pelek yang Anda gunakn, terutama padha iameter yang dimiliki. Lalu pastikan ban akn Anda pilih telah sesuai dg yang ukuran pelek. Karena pemilihan ban yang tidak pas juga bsa membuat mobil.., Anda semakin lambat dan bsa membuat mobil.., akn semakin boros.
  • Kemampuan ban. Setiap ban pasti memiliki kemampuan mengangkat beban. Tapi bsa dipastikan setiap ban memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Jangan khawatir, setiap pabrikan selalu memberitahukan berapa maksimal beban yang mampu iangkat oleh ban tersebut. Misalnya ban yang kamu pilih menunjukkan mampu menahan beban 82 kilogram, maka dg mudah menghitungnya. Hanya tinggal mengkalinya 82 kilogram dikali 4 (karena ban mobil.., adha 4), jumlah itu disamakn dg bobot kendaraan, apakah ban dg kekuatan 82 kilogram cocok atau tidak dg mobil.., Anda. Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga harus thetap menjumlahkan dg pengendara dan peumpang didalamnya. Sehingga Anda bsa menentukan apakah ban yang akn Anda pilih telah cocok atau tidak untuk digunakn.

Teliti sebelum membeli memang penting sekali. Jangan lupa percayakn perawatan dan servis mobil.., Anda padha rumah bengkel. Mekaniknya yang datang ke rumah kamu, tentu lebih mudah dan praktis.


EmoticonEmoticon