Merawat Power Window Pada Mobil

Padha dasarnya, power window masuk ke dalam komponen free maintenance. Akan thetapi, dalam kodisi mobil.., yang terus bergerak dan durabilitas tinggi, maka tidak mustahil peranti ini juga sering mengalami kerusakn. Kebanyakn pemilik mobil.., baru merasa power windownya bermasalah Stlah kaca terlihat lambat saat dtanteka dan ditutup.

Komponen ini tak terlihat secara langsung. Posisinya terlindung dan tertutup dibalik pintu. akhirnya perawatan dan pengecekannya pun kerap terabaikan. Padhahal, komponen ini boleh dibilang sederhana, hanya terdiri dari tiga unit motor penggerak, rel bergigi dan relay elektronik.

Uniknya power window mengalami dilemma. Di satu sisi, pintu dirancang untuk tidak rusak terkena air, sedangkan unit motor penggerak power window sebsa mungkin dijauhhkan dari air.

Mekanisme perawatan power window tidak seperti komponen mesin yang harus diperiksa berkala, sebab sistem power window termasuk kategori free maintenance. Artinya, beberapa bagian dari power window tidak perlu perawatan khusus.

Cara kerja power window sebenarnya sederhana. Jika padha kenop kaca konvensional kamu harus memutar engkolnya, maka power window menggantikan putaran engkol dg mengkamulkan motor listrik. Karena cara kerjanya begitu sederhana, bukan berarti kamu dg mudah mengutak-atiknya.

Berikut beberapa langkahanya :

  1. Periksa kondisi rel kaca pintu sebelum bepergian, terutama bagian karet penjepitnya. Karet yang telah mengeras dpt menghambat laju naik-turun kaca. Khusus bagian yang getas dpt diperbarui dg mengoleskannya cairan silicon. Tetapi jika karet kaca pintu telah rusak, kamu mau tidak mau harus segera menggantinya.
  2. Amati pula kondisi kaca saat naik turun. Jika lambat naik, bsa jadi motor listrik pemutar engkol lemah. Sedangkan bila kaca lambat turun, permasalahan mungkin ditimbulkan oleh mekanisme gerigi dan rel kaca bagian dalam.
  3. Jika terdengar suara gemuruh saat kaca dioperasikan, maka pangkal masalah datang dari kurangnya pelumasan padha roda gerigi dan mekanisme motor.


EmoticonEmoticon