PENTING! Jalan Menyalakan Lampu Hazard di Waktu Hujan

Menurut ramalan cuaca BMKG, musim penghujan di tahun 2016 masih terus terjadi hingga bulan Maret. Untuk itu, persopon dan kemampuan ekstra diperlukan saat mengemudi di musim hujan. Apalagi, hampir semua jalan-jalan di wilayah Indonesia sudah digenangi air hujan dg kapasitas yang tinggi alias banjir.

Selain kemampuan berkendara yang mumpuni, alangkah baiknya jika para pengemudi mempersiapkan juga kendaraaannya agar tidak menjadi hambatan saat kendaraan digunakn jarak jauhh. Salah satunya adhalah masih berfungsinya sistem penerangan padha kendaraan, yakni lampu besar, sein, fog lamp maupun hazard.

Berbicara mengenai hazard, masih saja banyak pengeudi di Indonesia yang salah kaprah dg penggunaan lampu hazard. Sering terlihat pengemudi kerap menyalakn hazard kerap menyalakn hazard saat turun hujan, ini tidak diperbolehkan, karena, dalam aturan lalu lintas internasional, lampu hazard hanya dinyalakn saat kendaraan berhenti (darurat).

Dengan menyalakn lampu hazard saat berkendara di waktu hujan, akn membuat bingung kendaraan yang di belakng kamu. Sebagai pengganti hazard, kamu bsa menyalakn lampu mobil..,, baik itu lampu besar, lampu kecil, maupun fog lamp.

Karena didalam hujan deras, terutama saat dijlan tol, seketika mobil.., dijalan berubah menjadi pohon natal. Sebagian besar mobil..,-mobil.., yang terlintas akn menyalakn lampu hazardnya (lampu sen yang menyala berbarengan sebelah kanan dan kiri, depan, dan belakng). Justru hal tersebut sebenarnya mengganggu pengendara lain karena menyilaukan.

Sesuai namanya, lampu hazard mustinya hanya digunakn dalam kondisi darurat saja, misalkan sedang mengganti ban kempes di bahu jalan, atau mobil.., mogok di bahu jalan, dan sebagainya. Salah kaprah penggunaan lampu hazard bukan hanya saat hujan saja, thetapi juga padha waktu digunakn untuk konvoi atau iring-iringan kendaraan, digunakn saat masuk di terowongan yang mengharuskan memakai lampu, dan digunakn saat mmasuk di terowongan yang mengharuskan memakai lampu, dan digunakn saat masuk di terowongan yang akn mengambil jalan lurus ketika beradha di perempatan/ persimpangan jalan.


EmoticonEmoticon