Tips Merawat Ban Agar Performa Optimal

Ban merupakn satu bagian mobil.., yang begitu krusial. Seberapapun canggih dan mahal mobil.., kamu, namun tidak diimbangi dg kondisi ban yang prima, maka performa kendaraan pun bakal merosot tajam.

 

Berikut cara mudah merawat ban mobil.., kamu :

  • Cek fisik ban kamu. Periksalah keadhaan tapak ban secara rutin, terutama sebelum dan sesudah menempuh perjalanan jauhh, karena kerap terjadi kerusakn-kerusakn yang terlihat jelas berupa retak atau sobek di bagian samping. Dan bila terjadi kerusakn tersebut, maka ianjurkan untuk segera mengganti ban. Karena jika terus digunakn tingkat kekuatan sudah berkurang dan sangat berbahaya bila terus digunakn.
  • Cek angin ban. Tekanan udara yang tepat bergantung padha jenis kendaraan yang Anda gunakn. Tekanan udara yang direkomendasikan untuk kendaraan pribadi berkisar antara 20 sampai 50 psi. Tekanan yang tertera padha dinding samping ban adhalah tekanan maksimum yang bsa diterima oleh ban.
  • Penyebab kerusakn padha dinding ban. Menurut fakta yang berkembang, kerusakn parah bsa terjadi jika ban sering mendpt semprotan air bertekanan tinggi dalam jangka waktu yang lama. Bahkan semakin fatal jika menggunakn air yang dipanaskan. Menurut sebuah kelompok keselamatan di Jerman, DEKRA, jika selang air iarahkan terlalu dekat dg ban padha tekanan yang sangat tinggi, maka akn terjadi kerusakn serius.

Nitrogen lebih baik. Bengkel yang menyeiakn jasa pengisian angin dan juga tambal ban tak sulit kita jumpai di sepanjang jalan. Namun taukah Anda bahwa udara yang dikompresi tersebut mengandung uap air, dan dalam jangka waktu lama akn mengikis bagian dalam ban.

Selain itu, karena ukuran molekul oksigen yang sangat kecil, maka udara mudah bocor keluar dan menyebabkan tekanan ban menurun sampai dg 2 psi tiap bulan. Sementara Nitrogen mempunyai ukuran molekul yang lebih besar dari oksigen, sehingga tidak mudah bocor keluar dan tekanan angin ban bsa lebih konstan. Selain itu, sifat nitrogen yang tidak mudah panas menyebabkan ban bsa lebih awet.

Karena keunggulan ini, nitrogen biasa digunakn untuk mobil.., Formula 1 dg temperatur ban bsa mencapai 100 derajat celcius. Penggunaan nitrogen bsa memperpanjang umur ban dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Meskipun untuk menemukan tempat pengisian angin Nitrogen agak sulit. Untuk itulah harus rutin dalam memeriksa tekanan ban kendaraan Anda.


EmoticonEmoticon