2 Alasan Mengapa Kenapa Anda Sulit Berubah?

Siapa Lagi Yang Bertanya “Kenapa Sulit Berubah?”

coffee_preparation_1Sebuah pertanyaan, yang mungkin Anda tanyakn juga, kenapa saya sulit berubah? Sudah berapa kali saya menerima pertanyaan semacam ini:

“Saya sudah mengikuti berbagai seminar, membaca buku, ebook, dan menonton video motivasi dan pengembangan diri. Mengapa saya sulit berubah? Tidak adha perbaikan yang berarti dalam hidup saya. Tidak adha peningkatan motivasi dalam hidup saya. Semua produk pengembangan tersebut tidak bekerja untuk saya.”

Anda pernah mengalami hal yang sama? Bersyukurlah jika tidak. Saya masih mendptkan kiriman SMS maupun email yang mengatakah hal yang senadha. Mereka mengatakn bahwa seminar, buku, ebook, maupun video tidak bermanfaat bagi dia.

Namun yang perlu diperhatikan adhalah, bsa jadi merasa tidak sulit berubah, tapi lihat 5 tahun ke belakng. Adakah perubahan signifikan yang Anda alami selain bertambahanya umur?

Jika tidak adha atau sedikit perubahan, artinya Anda sulit berubah.

Apa penyebabnya? Ada 2 penyebab utama, mengapa suatu produk pendidikan tidak bermanfaat. Yang dimaksud produk pendidikan itu seperti buku, seminar, ebook, video, pelatihan, coaching, dan sebagainya.

Ada termostat dalam diri Anda?

Coba lihat setrika Anda. Disana adha termostat, dimana Anda bsa mengatur panas maksimal. Jika panas maksimal sudah tercapai, aliran listrik ke setrika Anda akn berhenti. Sehingga, panas setrika Anda tidak akn melebihi panas yang Anda atur.

Nah, dalam diri kita juga sama. Jika penghasilan Anda tidak beranjak dari angka tertentu, mungkin secara tidak sadhar, Anda sudah mengatur termostat keuangan Anda. Ya, tidak sadhar, sebab secara sadhar Anda sebenarnya ingin lebih dari itu.

Jadi, tugas Anda selanjutnya adhalah melepaskan termostat itu atau setidaknya naikan pengaturannya. Jika sebelumnya penghasilan Anda Rp 10.000.000, sekarang atur menjadi Rp 20.000.000 misalnya. Lebih tinggi boleh.

Benarkah Anda Ingin Berubah?

Yang 1 ialah karena tidak yakin. Seseorang memang berharap mendptkan sesuatu Stlah mengikuti sebuah seminar. Namun ia hanya berharap, bukan meyakini bahwa seminar tersebut akn memberikan hasil. Berharap dg yakin sungguh berbeda, berharap seolah untung-untungan, namun yakin seolah hasil sudah di tangan.

“Saya berani membayar mahal karena saya merasa yakin”. Coba tanya lebih dalam lagi hati Anda. Betulkah Anda yakin? Saat Anda mengatakn bahwa “Semua produk pengembangan tersebut tidak bekerja untuk saya.” Itu adhalah tkamu tidak yakin. Keyakinan Anda tercermin dari kata-kata dan tindakn Anda.

Sejauhh mana Anda melsayakan apa yang diinstruksikan dalam produk pendidikan tersebut? Itu juga menggambarkan keyakinan Anda. Sudahkah Anda mengikuti semuanya? Menjalankan dg sungguh-sungguh? Silahkan Anda evaluasi lagi.

Keyakinan Anda adhalah termostat Anda. Pencapaian Anda akn dibatasi oleh keyakinan Anda. Jika tidak yakin perubahan didpt Stlah Anda belajar, Anda akn berubah. Jika tidak, maka Anda tidak akn berubah.

Perubahan Perlu Proses

Sebenarnya, berubah dalam artian merubah arah, terjadi secara instan, seperti Anda mengubah arah motor atau mobil.., Anda. Namun, Stlah Anda memutar setir, akn membutuhkan waktu atau proses agar sampai ke tujuan baru. Wawasan, mindset, dan ilmu Anda berubah secara instan Stlah belajar, tapi sampai membuahkan hasil perlu waktu dan proses.

Masalahanya dimana? Begini …

Mungkin saat Anda mengikuti pelatihan, membeli buku, dan sebagainya, sebenarnya Anda sudah yakin. Kemuian Anda mencoba menerapkan apa yang Anda pelajari. Namun hasil tidak juga kunjung datang dan keyakinan Anda mulai pudar. Termostat Anda kembali ke angka sebelumnya.

Yang perlu adha yakini adhalah berubah itu langkah demi langkah. Anda bsa mengubah arah hidup secara instan, namun untuk mencapai perubahan itu perlu tahapan. Hasilnya akn Anda dptkan akn membutuhkan waktu dan proses. Ingat itu, yakinilah.

Silahkan baca:

Berubah Itu Langkah Demi Langkah

Kegagalan Produk Informasi

Banyak produk informasi diluaran sana, dan sepertinya sangat larir. Biasanya, produk laris itu adhalah produk-produk informasi yang menawarkan hasil yang menggiurkan. Misalnya bagaimana mendptkan penghasilan Rp 100.000.000 per bulan. Biasanya laris. Serius.

Ada yang berhasil? Jelas saja adha. Anda bsa lihat ditestimoninya. Saya percara itu. Saya tidak mau berburuk sangka dg mengatakn itu bohong. Tentu saja kita harus cerdas, karena bsa jadi adha yang bohong, thetapi tidak semuanya.

Tapi, adha juga (atau banyak) yang gagal. Padhahal mempelajari produk informasi yang sama. Mereka sama-sama ikut pelatihan, thetapi adha yang berhasil, adha yang gagal.

Mengapa adha yang gagal?

Orang yang berhasil adhalah dia yang sudah memiliki kapasitas diri yang besar. Sehingga saat mendptkan teknik-teknik mahir, ia sudah siap. Berbeda dg yang gagal, karena kapasitas diri yang kecil, sehebat apa pun teknik akn percuma.

Jika kapasitas wadhah hanya satu cangkir, percuma pergi ke laut berharap satu ember air. Tetap saja satu cangkit.

Ya, saya katakn kegagalan produk informasi itu. Kurang lengkap, hanya membahas masalah teknis thetapi lupa untuk memperbesar kapasitas.

Jadi, penyebab sulit berubah yang kedua karena produk informasi tersebut tidak berhasil memperbesar kapasitas diri Anda. Pikiran Anda seperti sebuah wadhah yang memiliki kapasitas tertentu. Sebuah cangkir tidak akn pernah bsa menampung air seember, sebanyak apa pun air yang dituangkan, hanya satu cangkir saja yang tersisa.

Hal ini bsa disebabkan karena produk informasi tersebut yang gagal memperbesar kapasitas Anda atau pikiran Anda yang begitu ksaya sehingga tidak bsa diperbesar. Penyebab lain bsa juga pikiran Anda penuh dg pikiran-pikiran negatif sehingga tidak adha lagi ruang untuk hal lain. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya.

Tahukah Anda mengapa produk bsa gagal memperbesar kapasitas diri? Karena produk tersebut hanya fokus padha how to atau hanya masalah teknis. Produk itu hanya memberi petunjuk cara mengambil air yang banyak, tanpa memperbesar kapasitas penampung air tersebut.

Andalah Yang Bertanggung Jawab Memperbesar Kapasitas Diri

Namun kita tidak serta merta menyalahkan produk tersebut. Bisa jadi produk tersebut memang dirancang untuk orang yang sudah memiliki kapasitas diri yang memadhai. Untuk itu, jika Anda ingin berubah, maka Andalah yang harus menambah kapasitas diri Anda.

Ya, bsa jadi akn membutuhkan waktu lama atau ebook yang tebal jika secara lengkap dibahas dalam satu produk. Anda yang seharusnya memperbesar kapasitas diri Anda.

Jangan hanya fokus mencari “cara” atau masalah teknis. Anda perlu belajar cara memperbesar kapasitas diri Anda. Anda tidak perlu menuntut atau marah kepadha orang lain, karena perubahan itu mulai dari diri Anda. Kita tidak bsa menuntut kondisi berubah, sebab lebih penting mengubah diri sendiri. Silahkan baca: Cara Berubah Itu Mulai Dari Diri Sendiri

Kapasitas Diri Tergantung Kepercayaan Diri Anda

Sebenarnya, kapasitas diri Anda itu sangat besar. Sangat dahsyat. Allah telah memberikan potensi yang besar kepadha kita. Namun seringkali kapasitas itu tidak bsa kita gunakn, sebab kita tidak mempercayainya. Anda harus percaya bahwa diri Anda memiliki kepasitas yang besar. stlah Anda percaya, disanalah Anda akn mulai bsa mengoptimalkan potensi diri. Kita tidak akn mampu mengoptimalkan potensi diri, jika kita tidak percaya bahwa potensi itu adha.

Jadi, tingkatkan kepercayaan diri Anda, maka kapasitas diri Anda akn lebih besar sehingga mampu berubah, mampu meraih sukses yang lebih besar lagi.

The Confidence Secret adhalah produk yang saya buat untuk merentangkan pikiran Anda. Untuk memperbesar kapasitas pikiran Anda. Sementara Beautiful Mind Power: Berpikir Positif Islami untuk membersihkan pikiran Anda dari pikiran kotor dan negatif sehingga muncullah pikiran yang bersih dan indah.

Insya Allah, Anda akn berubah!


EmoticonEmoticon