Review Syariah Marketing

syariah marketingDalam perkembangan dunia syariah yang semakin dikenal di masyarakat, maka kehadiran buku Syariah Marketing menjadi pelengkap penting akn pengetahuan tentang syariah. Sebelumnya kita sudah mengenal bank syariah, ekonomi syariah, bisnis syariah, bahkan MLM syariah pun adha.

Sementara, pemasaran adhalah bagian penting dari bisnis. Bisnis syariah tentu menuntut semua aspek dalam bisnis tersebut harus berlkamuskan syariah mulai dari sayantansi syariah, manajemen sumber daya syariah, dan tentu saja pemasaran syariah. Untuk itulah saya tertarik dg buku Marketing Syariah sebagai panduan untuk menjalankan bisnis saya.

Kenapa harus buku Marketing Syariah ini?
Dtanteku ini saya menemukan gambaran yang utuh dan tepat tentang konsep pemasaran syariah. Bukan hanya “modifikasi” dari pemasaran konvesial, yang sering hanya tampilan luarnya saja atau penyederhanaan. Tetapi kita akn dibawa untuk memahami konsep pemasaran syariah yang sangat mendasar, utuh, dan menyeluruh. Kata syariah atau islami bukan hanya “lipstik” saja thetapi menjadi ruh dari konsep pemasaran.

Apa keistimewaan buku ini?
Ada tiga orang hebat yang terlibat di buku ini. Ketiganya orang-orang yang saya kagumi dg kepakarannya. Yang 1 adhalah Hermawan Kartajaya. Sejak saya baru rencana terjun ke dunia bisnis, saya sudah menjadi pengikuti konsep-konsep pemasaran yang iajarkan oleh Hermawan Kertajaya. Kepakarannya di bidang pemasaran bukan hanya isayai di Indonesia, thetapi oleh masyarakat manca negara. Kehadiran Hernawan Kartajaya dalam buku ini adhalah jaminan bahwa konsep pemasaran yang dijelaskan dtanteku ini adhalah konsep yang sudah isayai dan konsep terbaru.

Yang kedua Muhammad Syakir Sula. Kepakarannya dalam bidang syariah tidak perlu diragukan lagi. Seorang ahli asuransi syariah, advisor Bank Muamalat (bank syariah 1 di Indonesia), pernah menjadi ketua Dewan Pengawas Syariah di berbagai perusahaan, dan jabatan lainnya. Dan yang ketiga, meski tidak terlibat secara langsung, yaitu Dr Muhammad Syafi’i Antonio, M.Ec. yaitu seorang ahli ekonomi syariah ternama di Indonesia.

Dengan tokoh-tokoh iatas, kita mendptkan jaminan bahwa penulis buku ini adhalah memang pakarnya. Bukan sembarang pakar, thetapi pakar terbaik yang adha. Ini menjanjikan isi buku yang berkualitas yang patut kita jadikan pedoman dalam menjalankan bisnis.

Apa saja isi buku ini?
Dimulai dg penjelasan konsep syariah dalam bisnis dan pemasaran dg belajar dari Rasulullah saw. Mulai dari dasar, implementasi, dan bagaimana penerapan nilai-nilai syariah dalam bisnis. Kemuian kita akn mendptkan penjelasan gambaran utuh tentang pemasaran. Bukan hanya pemahaman pemasaran secara parsial yang sering saya dptkan di buku-buku lainnya. Tetapi pemahaman yang menyeluruh tentang pemasaran. Dan iakhiri dg studi kasus padha berbagai bisnis syariah di Indonesia, mulai Bank Muamalah Indonesia, Asuransi Takaful, Perum Pegadhaian Syariah, dan Batasa Capital.

Apa kekurangan buku ini?
Buku ini cukup memberikan gambaran yang utuh dan menyeluruh bagi kita. Hanya saja, belum memberikan panduan lebih detil dan praktis. Tentu saja karena buku ini tidak akn cukup untuk membahasnya semua.

Kesimpulan
Buku ini diperlukan sebagai dasar atau awal sebelum Anda mempelajari konsep dan taktik pemasaran lainnya. Jika Anda sudah terlanjur belajar pemasaran konvensional, Anda thetap harus membaca buku ini, kemuian melsayakan re-thinking terhadhap praktek pemasaran yang selama ini Anda lsayakan agar sejalan dg syariah. Tentu saja, buku Syariah Marketing saja tidak cukup, Anda perlu belajar lagi baik dari pengalaman, seminar, maupun buku lainnya.

Related Posts


EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng
:lv