Begini Caranya Merawat Mesin Mobil Sendiri

Mobil bsa awet hingga puluhan tahun jika dirawat dg benar. Tidak percaya? di jalan kamu pasti sering melihat kendaraan roda empat dari tahun 70-80an masih melenggang prima di atas aspal. Rahasianya adha padha perawatan yang tepat dan kontinyu.

Membersihkan dan merawat mesin bsa dilsayakan sendiri tanpa harus ke salon. Praktis, murah dan sama mengkilapnya dg rawatan salon. Komponen-komponen padha mesin stkamur, seperti blok mesin, kabel busi dan ruang mesin yang meliputi bodi mesin, lapisan bawah kap mobil..,, silinder head hingga penutup saringan udara, perlu dibersihkan dan dirawat agar awet.

Sebetulnya, membersihkan mesin mobil.., hingga mengkilap dan ‘fresh’ dpt Anda lsayakan sendiri tanpa harus meluangkan waktu khusus pergi ke salon mobil..,. Caranya pun praktis, hanya dg menggunakn bahan pembersih biasa yang mudah diperoleh, seperti engine degreaser, batu ijo dan sabun colek, compound, wax, dan lap.

Anda punya sikat gigi yang sudah tidak terpakai? Ini juga bsa dimanfaatkan untuk membersihkan mesin mobil.., kamu. Sikat tadi celupkan ke dalam sabun kemuian gosokkan lalu lap hingga kering. Jika bagiannya sulit dijangkau maka kuas cat air yang sudah tidak terpakai juga bsa dimanfaatkan dg cara yang sama.

Padha ruang dan bodi mesin, seperti silinder head, tutup karburator dan saringan udara, cukup dibersihkan dg wax dan lap dapur berpori. Oleskan wax secara menyeluruh ke bagian-bagian bodi mesin, termasuk juga bagian bawah kap mesin. Sesudah itu, dibersihkan dg lap dapur berpori, sehingga mengangkat seluruh kotoran sekaligus sebagai antigores.

Lalu untuk interval membersihkannya, harus rutin ya minimal 3 bulan sekali. Bagaimana, mudah bukan? Jika mesin mobil.., sudah dibersihkan maka jangan lupa juga untuk rutin diservis. Tentu cara yang termudah adhalah menggunakn jasa rumah bengkel. Mekaniknya yang akn datang ke rumah kamu. praktis!


EmoticonEmoticon