Tips Merawat Mobil Awet Mengkilat

Merawat mobil.., memerlukan ketelatenan dan penaganan yang tepat. Walaupun terkesan mudah, yakni mencuci dan dikeringkan, namun beberapa hal penting perlu diperhatikan. Hal itu dikarenakn cat mibil terdiri dari beberapa lapisan. Salah satu cara saja bsa menjadikan cat mobil.., memudar, bahkan mengelupas.

Jadi, berikut tips-tips yang disarankan oleh Astra World, berkaitan dg perawatan bodi dan cat mobil..,, agar tampilan tunggangan kebanggan kamu tahan lama.

  • Bersihkan dedaunan yang menempel padha bodi. Daun merupakn benda biologis yang jika sudah mati akn menghasilkan asam. Jika tidak segera dibersihkan, asam hasil dari proses biologis daun tersebut akn meninggalkan bekas yang permanen, yang untuk selanjutnya akn meninggalkan noda padha bodi.
    Hindari parkir dibawah pohon yang memiliki getah banyak. Jika sudah terlanjur terkena getah, segera pindahkan (dg kuku jari, misalnya) dan bersihkan dg air dan baking soda, kemuian beri pemoles (wax).
  • Jangan menyemprot air bertekanan tinggi padha bodi mobil.., kamu. Jika Anda menggunakn selang, atur keran padha bukaan sedang hingga air seperti mengucur. Jangan gunakn sikat untuk mencuci bodi mobil..,. Biasanya hal ini terjadi jika Anda meminta tolong orang lain (misalnya pembantu rumah tangga) untuk mencuci mobil..,. Penggunaan sikat saat mencuci bodi mobil.., akn menggores permukaan bodi.
    Jangan gunakn detergen dan sabun rumah saat mencuci. Penggunaan detergen dan sabun rumah dpt membuat permukaan bodi menjadi kering dan ringkih.
  • Pastikan bagian bawah pintu, bagian pinggir-bawah pintu, bagian bukaan pintu, bagian pinggir kap mesin juga bersih. Bagian ini sering sekali terabaikan sehingga terkadhang kotoran yang luput jadi menumpuk, disertai air, dan menjadikan bagian-bagian tersebut berkarat.
  • Jangan memoles bodi di bawah terik matahari. Terik matahari yang langsung mengenai bodi mobil.., tentu mengakibatkan permukaan bodi menjadi panas. Penggunaan poles padha saat suhu permukaan panas malah menghasilkan proses kimia yang kemuian dpt merusak lapisan tersebut.
  • Saat memoles, lapisi bagian eksterior yang bertekstur (semisal hiasan bagian depan kap mesin). Bahan bsaya bagian eksterior yang bertekstur itu terkadhang tidak cocok dg bahan kimia yang terkandung di dalam cairan pemoles. Jika demikian, cairan pemoles malah memudarkan warna ataupun merusak bagian tersebut.


EmoticonEmoticon