Waspada ‘Racun’ Dalam Mobil

Bagi kamu yang suka bepergian dg mobil.., yang full AC, adha baiknya jika kamu tidak buru-buru menyalaknnya saat 1 kali memasuki mobil.., kamu yang masih panas ketika parkir. Hal ini dilsayakan agar udara yangn adha didalam mobil.., bsa segera keluar dg membuka kaca jendela atau pintu mobil..,.

Kabarnya, udara yang adha didalam kabin saat mobil.., diparkir ditempat yang panas mengandung zat kimia benzene atau benzol. Apakah benar?

Benzene adhalah zat beracun yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak, sehingga dpt menyebabkan kerusakn kromosonal. Saat ini sedang iadhakn penelitian tentang pengaruh benzene terhadhap tingkat kesuburan pria dan wanita. Tubuh kitapun tak bsa menangkal efek racun dari benzene dan kesulitan untuk mengeluarkannya dari jaringan.

Menurut penelitian yang dilsayakan oleh Universitas of California, dashboard mobil..,, sofa, air freshener akn memancarkan Benzene, yang disebabkan oleh suhu ruangan yang meninggi. So, Anda perlu berhati-hati jika mencium bau plastik terbakar di dalam mobil..,, dan segera mencari sumber bau tersebut.

Tingkat Benzene yang dpt diterima dalam ruangan adhalah 50 mg per sq ft. Sebuah mobil.., yang parkir di ruangan dg jendela tertutup akn berisi 400 – 800 mg dari Benzene. Jika parkir di luar rumah di bawah sinar matahari padha suhu di atas 60 derajat Fahrenheit, tingkat Benzene bsa mencapai 2000 – 4000 mg, 40 kali lipat dari takaran yang bsa diterima. Alhasil, para penumpang di dalam mobil.., pasti akn teracuni dg kondisi tersebut.

Menghirup benzene dalam jumlah berlebihan dpt mengakibatkan kematian, sedangkan menghirup benzene dalam kadhar rendah dpt menyebabkan kantuk, pusing, mempercepat denyut jantung, sakit kepala, tremors, kebingungan, dan ketidaksadharan.

Dalam jangka waktu yang lama, efeknya bsa menyebabkan kerusakn padha sumsum tulang dan dpt menyebabkan penurunan sel darah merah, yang mengarah ke anemia. Selain itu, kadhar benzene berlebih dalam darah juga dpt menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan sistem kekebalan, meningkatkan peluang infeksi, memicu leukemia dan hal lain yang terkait dg kanker darah dan pra-kanker dari darah.

Karena itu, sangat disarankan agar Anda membuka jendela dan pintu untuk memberikan waktu padha udara yang adha di dalam mobil..,, agar kandungan benzene bsa terbebas sebelum Anda masuk. Dari hal sepele tersebut, dpt membahayakn nyawa kamu lho, jadi lebih berhati-hati dan waspadha ya.


EmoticonEmoticon